Minggu, 26 April 2015

TEKNOLOGI DAN DISAIN PRODUK / JASA



TEKNOLOGI DAN DISAIN PRODUK / JASA

Inovasi produk adalah usaha menghasilkan produk baru atau produk yang ditingkatkan sperti video rekorder sebagai barang konsumsi atau chip silikon yang berbagai produk elektronik. Inovasi proses menyangkut usaha untuk mempengaruhi teknologi dalama menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah, kualitas yang lebih baik atau mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah, kualitas yang lebih baik atau mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan dengan lebih efektif.
INOVASI TEKNOLOGIS
Secara sederhana kita cenderung berpikir bahwa perkembangan dari penemuan ilmiah sampai penerapannya pada produk berjalan sebagai kejadian berantai, penemuan ilmiah, penemuan terapan, pengembangan, inovasi dan penerapan. Sebagai contoh rangkaian elektronik yang diperlukan untuk radio portabe telah tersedia selama beberapa tahun, tetapi radio mini yang benar-benar baru mungkin diwujudkan setelah pengembangan transistor.
INOVASI TEKNOLOGI DALAM INDUSTRI KOMPUTER
Secara umum dianggap benar bahwa sebagian besar inovasi dirangsang oleh pasar dan biasanya hal ini lebih berlaku untuk produk-produk baru daripada untuk proses-proses produksi baru. Faktor pasar merupakan sumber utama rangsangan, meliputi 61% dari seluruh inovasi yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik komponen dan perlengkapan komputer. Meskipun demikian, faktor-faktor pasar dalam segmen industri tersebut adalah identik dengan kebutuhan akan peralatan-peralatan proses dari dua segmen yang lebih tinggi dari rantai integrasi vertikal, oabrik komputer dan pemakai komputer. Sehingga dampak terbesar dari inovas ialah mengarah keatas.
ANTARAKSI ANTARA INOVASI DAN INOVASI PROSES
SUATU MODEL INOVASI PRODUK DAN PROSES
Tahap 1
Tahap pertama mulai pada kehidupan awal produk dan jasa serta proses. Pada awalnya, inovasi dirangsang oleh adanya kebutuhan di pasar. Inovasi proses juga dirangsang oleh adanya kubutuhan untuk meningkatkan laju hasil keluaran. Pada tahap ini laju inovasi produk tinggi dan tekanan awalnya pada maksimasi prestasi produk. Mungkin timbul antisipasi bahwa kemampuan baru dari produk pada gilirannya akan meningkatkan kebutuhan di pasar.
Tahap 2
Persaingan harga menjadi makin ketat pada tahap kedua, yaitu pada saat industri atau kelompok produk dan jasanya mulai mencapai tahap kedewasaan. Desain sistem produksi mengarah pada minimisasi biaya karena persaingan bebas mulai terarah pada harga. Proses produksi menjadi lebih padat modal dan ketat terpadu melalui perencanaan dan pengendalian produksinya.
Tahap 3
Akhirnya, keseluruhan sistem mencapai tahap kedewasaan dan kejenuhan, inovasi cenderung terangsang sebagia besar oleh biaya. Persaingan harga penekanan pada startegi minimisasi biaya sehingga proses produksi menjadi lebih padat modal dan berfokus pada produk.
Menggambarkan Siklus Inovasi
Inovasi-inovasi proses memuncak mengikuti inovasi produk, kemungkinan untuk megintegarasikan proses baru dengan operasi yang telah ada sebelumnya, serta untuk menurunkan biaya.
Mengelola Perubahan Teknologi
Salah satu hasi dari penelitian Ford ini adalah disadarinya kebutuhan untuk menyeimbangkan strategi pengehematan biaya dengan strategi inovasi produk baru. Kemampuan untuk beralih ke strategi yang berbeda tampaknya tergantung pada sejauh mana organisasi tersebut terspesialisasi dalam mengikuti suatu strategi dan tergantung pada besarnya perubahan yang harus dihadapi.
ANTARAKSI ANTARA DISAIN PRODUK – JASA DAN DISAIN SISTEM PRODUKSI
Disain Produk
Produksibilitas tingkat kemudahan untuk di produksi dan biaya produksi minimum yang mungkin untuk suatu produk, pada mulanya ditetapkan oleh pendesain produk. Perekayasa produksi yang terpandai pun tak dapat mengubah keadaan ini. Ia dapat bekerja hanya dalam batasan-batasan produk-produk yang telah ditetapkan sebelumnya. Karenanya, saat yang tepat untuk mulai berpikir tentang cara-cara produksi dasar dari produk tersebut ialah pada tahap desain.                                                                                                                                 Komponen-komponen yang dapat saling dipertukarkan. Desain komponen-komponen harus ditetapkan secara cermat agar tiap komponen yang berasal dari lot yang sama dapat cocok dipakai.                                                                                                                              Standariasi. Produk pesanan memang cenderung lebih mahal daripada produk standar, tetapi manajer harus berusaha mencapai keseimbangan yang dapat diterima oleh klien dan pelanggan. Dengan keseimbangan yang sesuai akan didapatkan keuntungan ekonomis dari standarisasi.
Desain dan Redesain
Proses disain merupakan proses berulang, dalam pengertian bahwa proses ini tidak pernah akan selesai. Informasi baru yang diumpankan dari pada pemakai dapt kita manfaatkan guna menemukan cara-cara meningatkan disain untuk menghemat produsi atau mencapai sasaran kualitas.
OTOMASI DAN CAD/CAM
Meskipun otomasi merupakan hal baru dalam artian bahwa prinsip-prinsipnya baru saja diterapkan relatif belakangan ini pada proses-proses mekanis dan perakitan, ide dasarnya sebenarnya tidak baru. Tetapi penggabungan didesain berbantuan komputer ( CAD ) dan manufaktur berbatuan komputer ( CAM ) relatif baru mempunyai arti yag penting bagi peningkatan produktivitas potensial dalam industri.
Otomasi Rangkaian Terbuka
Rangkaian terbuka melibatkan pengerjaan komponen-komponen secara otomatis di antara operasi-operasi dimana komponen-komponen itu diberi indeks dan diletakkan pada posisi yang tepat untuk diproses pada operasi atau mesin berikutnya.
Otomasi Rangkaian Tertutup
Rangkaian tertutup dicapai dengan adanya umpan balik informasi tentang ukuran yang dihasilkan pada keluaran. Jadi dalam rangkaian umpan balik, kita membutuhkan unit pengindera, untuk mengukur dan mencatat ciri-ciri keluaran dan cara-cara untk keluaran yang dikehendaki.
Proses dengan Kendali Numerik
Bila posisi atau jalur dari alat-alat pemotong berada dalam pengendalian suatu komputer digital, maka kita akan memperoleh pengendalian numerik. Dalam hal ini umpan balik tidak berasal dari pengukuran hasil pekerjaan tetapi dari pengendalian kedudukan dasar dari peralatan atau meja kerja yang menetapkan posisi pemeotong reatif terhadap barang yang di kerjakannya. Suatu keuntungan besar pada sistem kendali numerik ialah bahwa peralatan mesin yang dipakai tidak tersita cukup lama untuk penyetelan, karena praktis semua persiapan berbentuk pemograman, yang tidak melibatkan mesinnya.
Robotika
Robot pada dasarnya merupakan lengan atau tangan yang dimekanisasi sehingga mampu melakukan banyak operasi dari pngerjaan hingga perakitan.
TEKNOLOGI KELOMPOK SUATU INOVASI PROSES
Teknologi kelompok merupakan konsep pengorganisasian sumber-seumber daya manufaktur untuk meningkatkan produktivitas dalam situasi berfokus proses yang menyangkut produksi komponen-komponen atau produk-produk serupa. Konsep teknologi kelompok meliputi susunan fisik, tetapi  selain itu juga melibatkan klasifikasi dan sistem pendanaan terkompterisasi.
DESAIN JASA-JASA
Motivasi untuk mengubah jasa yang ditawarkan dapat berupa faktor-faktor biaya atau kualitas yang diukur sebagai prestasi waktu dan dimensi-dimensi lainnya.
MASALAH BAURAN PRODUK
Telah kita ketahui bahwa keputusan-keputusan desain produk dan desain sistem produksi menyangkut trade off untuk mengoptimasikan mereka secara bersama-sama. Butir-butir keputusannya terarah pada persetujuan terhadap desain-desain dan bauran produk yang khusus dan perubahan yang sesuai pada sistem produksinya. Masalah bauran produk merupakan masalah yang umum dalam industri dan pemecahannya harus mencerminkan alokasi kapasitas yang paling ekonomis pada permintaan.
IMPLIKASI BAGI MANAJER
Desain produk dan jasa mempunyai daya tarik strategis bagi manajer operasi karena bentuk produk dan jasa mempunyai dampak yang besar pada desain sistem penghasilannya, dan sebaliknya. Manajer acapkali dapat memperoleh biaya rendah dengan menggarap hubungan antara produk atau jasa dengan sistem produksinya. Dengan trunnya daya saing industri Amerika, manajer harus berpaling pada otomasi untuk membantu mengatasi masalah krisis produktivitas. Konsepnya tidak lagi teori tapi bisa diterapkan pada lingkup yang luas dalam bidang usaha dan industri.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar